Produksi Daihatsu Capai 2 Juta Unit

Perayaan produksi Astra Daihatsu Motor yang ke-2 juta dihadiri Memperin S. Hidayat (ketiga dari kanan), Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri (kedua darikiri) petinggi Daihatsu Jepang dan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak terasa, setelah beroperasi 37 tahun di Indonesia (1973), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), produsen mobil merek Daihatsu dan Toyota mencetak rekor produksi ke 2 juta unit. Jumlah tersebut dicapai pada Oktober 2010 lalu.


Perayaan menandai kesuksesan tersebut dilakukan di Assembly plant Daihatsu di Sunter, Jakarta Utara, hari ini (Rabu, 24/11/2010). Hadir dalam cara tersebut Menteri Perindustrian M.S Hidayat, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri, Presiden Direktur ADM Takashi Nomoto, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian Budi Darmadi dan perusahaan pendukung seperti suplayer, bank, asuransi serta seluruh dealer dan value chain yang terkait.


Jumlah produksi 1 juta unit pertama Daihatsu diraih pada 2005 dalam kurun waktu 32 tahun. Sedangkan 1 juta unit berikutnya hanya membutuhkan waktu 5 tahun ( 2005-2010).


Wakil Presiden Direktur ADM Sudirman Maman Rusdi mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara terpenting bagi Daihatsu. Proses produksi Daihatsu di Indonesia melibatkan 155 perusahaan lokal pemasok komponen level pertama (first tier) dan 850 perusahaan di level kdua (second tier) dengan melibatkan 507.000 tenaga kerja.


“Jumlah 2 juta unit ini bukan sekedar prestasi Daihatsu, tapi juga industri otomotif nasional. Karena, produksi kami melibatkan begitu banyak pihak,” ujar Sudirman di sela-sela acara. Kandungan lokal mobil yang diproduksi Daihatsu, lanjut Sudirman, komposisinya 70-80 persen dimulai sejak kolaborasi Toyota-Daihatsu memproduksi Avanza-Xenia pada 2004 silam.


Koichi Ina, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company menambahkan, prestasi ADM bisa mencapai produksi 1 juta unit hanya dalam 5 tahun merupakan hal luar biasa. “Saya pribadi mengucapkan terimakasih terhadap seluruh karyawan Daihatsu di Indonesia,” sebut Ina.


Pada bagian lain, Ina mengumumkan perubahan direksi di tubuh ADM sejak November ini. Sudirman MR yang wakil presdir, kini menjabat Presiden Direktur ADM. Sedangkan Presiden Direktur ADM Takashi Nomoto menjabat sebagai Komisaris Utama ADM.


View the original article here Support Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: